Para Pembentuk Peradaban Islam



Rp95.000,00
Rp76.000,00 Hemat 20%
Termasuk pajak

DATA BUKU

Judul: Para Pembentuk Peradaban Islam: Seribu Tahun Pertama

Penulis: Chase F. Robinson

Genre: Sejarah

Penerbit: Alvabet

Cetakan: I, Januari 2019

Ukuran: 15 X 23 cm

Tebal: 388 halaman (2 cm)

Berat: 400 gr

ISBN: 978-602-6577-42-9

SINOPSIS

Selama seribu tahun pertama, para pemikir agama, pemimpin politik, ahli hukum, penulis, saintis, dan filsuf telah membentuk peradaban Islam. Siapa sajakah mereka? Seperti apa kehidupan mereka? Dan bagaimana cara mereka memengaruhi dunia?

Dalam buku ini, sejarawan Chase F. Robinson menelusuri tradisi panjang dalam keilmuan Muslim untuk menuliskan biografi tokoh-tokoh Muslim terkemuka. Dimulai dari Nabi Muhammad pada abad ke-7 hingga era Timur Lang menaklukkan dunia dan masa kejayaan Imperium Utsmani di bawah Sultan Mehmed II pada abad ke-15. Dari jantung Islam di Mekkah, lalu menjangkau Afrika Utara dan Iberia di barat hingga ke Asia Tengah dan Timur, Robinson menelusuri kebangkitan dan kejatuhan negara-negara Islam tak hanya melalui sosok pemimpin politik dan militer yang bekerja mengamankan atau memperluas kekuasaan, tetapi juga mereka yang mengembangkan hukum Islam, ilmu pengetahuan, dan kesusastraan. Selain tokoh terkenal yang mewarnai lanskap ini—semisal Ali bin Abu Thalib; pahlawan era Perang Salib, Shalahuddin; atau penyair Rumi—ada pula tokoh kurang terkenal seperti Ibnu Fadlan, yang perjalanannya di Eurasia membawa catatan menarik tentang Vasiga Volga kepada Khalifah Abbasiyah; Karimah al-Marwaziyya, cendekiawan wanita abad ke-11 ahli sunnah Nabi; juga Abu al-Qasim Ramisht, pedagang kaya raya abad ke-12. Dari sini, tampaklah potret menarik masyarakat Islam dalam suatu narasi yang kaya dan beragam.

Inilah bacaan mencerahkan bagi siapa saja yang ingin belajar lebih banyak ihwal peradaban Islam awal. Dilengkapi banyak ilustrasi dan peta, buku ini secara gamblang menggambarkan kehidupan di semua lini dunia Islam pra-modern.

PENULIS

CHASE F. ROBINSON adalah seorang sejarawan Timur Tengah pra-modern. Pada 1992, ia memperoleh gelar Ph.D. dari Departemen Bahasa dan Peradaban Timur Dekat, Universitas Harvard. Tahun 1993, ia bergabung dengan Fakultas Oriental Studies and Wolfson College, Oxford, tempat ia mengajar selama 14 tahun. Ia juga general editor di Cambridge Studies in Islamic Civilization, anggota dewan editorial Past & Present, dan aktif melakukan penelitian dalam bahasa Eropa dan Timur Tengah.

Ia juga sangat produktif menulis, karyanya lebih dari 40 artikel—terkait geografis dan kronologis Timur Tengah dan Islam pra dan awal modern—yang banyak dipublikasikan di The New York Times, The Times Literary Supplement, the Chronicle of Higher Education, Times Higher Education, dan Inside Higher.

Dalam bentuk buku, ia sudah menulis dan mengedit sembilan buku, diantaranya Empire and Elites after the Muslim Conquest (2000); A Medieval Islamic City Reconsidered: An Interdisciplinary Approach to Samarra (2001); Texts, Documents and Artefacts: Islamic Studies in Honour of D.S. Richards (2003);  Islamic Historiography (2003) volume pertama The New Cambridge History of Islam (2010); The Works of Ibn Wadih al-Ya’qubi: An English Translation (2017); dan buku terbarunya, Islamic Civilization in Thirty Lives: The First 1,000 Years (oleh Penerbit Alvabet diterbitkan dengan judul Para Pembentuk Peradaban Islam, 2018), melalui karya ini ia dianugerahi Outstanding Academic Title tahun 2017 oleh CHOICE.

20 item

Referensi Spesifik

Produk baru

No customer reviews for the moment.