Andalusia



Rp199.000,00
Rp159.200,00 Hemat 20%
Termasuk pajak

DATA BUKU

Judul : Andalusia: Sejarah Lengkap dari Awal Penaklukan Muslim hingga Jatuhnya Granada (92–897 H/711–1492 M)

Penulis : Dr. Abdurrahman Ali al-Hajji

Genre : Sejarah

Penerbit : Alvabet

Cetakan : I, Juni 2022

Ukuran : 15 x 23 cm

Format : Hard Cover

Tebal : 704 halaman (4 cm)

Berat : 800 gr

ISBN : 978-623-220-134-7

Harga : Rp. 199.000

SINOPSIS

Andalusia—sekarang Spanyol dan Portugal—pernah menjadi mercusuar peradaban Islam di Eropa. Keagungan dan kemajuannya bahkan hampir setara dengan pusat peradaban Islam di Damaskus (Daulah Umayyah) dan di Baghdad (Daulah Abbasiyyah). Tak hanya dari aspek fisik berupa arsitektur bangunan dan tata kota, tetapi juga dari aspek ilmu pengetahuan, seni dan budaya, tata kelola masyarakat dan pemerintahan, organisasi militer, dan lainnya.

Banyak buku tentang Andalusia pada era Islam. Namun, jarang sekali yang mengulas secara runut, detail, dan ilmiah, berdasarkan literatur muslim dan Eropa, bagaimana proses pembangunan peradaban itu dari titik awal hingga puncak, kemudian runtuh. Buku ini akan mengungkap dan memaparkan bagaimana proses-proses itu dimulai dari penaklukan muslim oleh Thariq bin Ziyad dan Musa bin Nushair (92 H) hingga jatuhnya Granada (897 H) yang menandai berakhirnya era peradaban Islam di Eropa. 

Detail sekali disebutkan tokoh-tokoh penakluk Andalusia dan lawan-lawannya, jalan cerita seputar penaklukan, hingga terbentuk pemerintahan muslim selama tujuh periode, yaitu dari periode wali, amir, khalifah, thawaif, murabithun, muwahhidun, hingga Kerajaan Granada. Juga peristiwa-peristiwa dan kemajuan-kemajuan penting pada setiap periode yang jarang dieksplorasi lebih dalam di buku-buku bertema sejenis. 

***

“Jauh dari elegi dan tangisan menyayat, buku ini adalah harta karun yang nyata bagi siapa saja yang ingin belajar tentang sejarah Islam Andalusia.”

—Goodreads

 “Inilah buku terbaik yang merangkum sejarah panjang Andalusia dalam satu jilid. Kemampuan penulisnya dalam memahami, menganalisis, dan menimbang banyak sumber rujukan begitu baik. Saya merekomendasikan buku ini kepada siapa saja yang ingin mengetahui gambaran umum sejarah Andalusia, karena dalam buku ini berpadu kuat antara kerja ilmiah yang solid dengan jiwa Islam yang jujur.” —Goodreads

PENULIS

ABDURRAHMAN ALI AL-HAJJI. Lahir di Miqdadiyah, Irak, tahun 1935, dan wafat di Madrid, Spanyol, awal tahun 2021. Menyelesaikan kuliah pascasarjana bidang kajian Semitik di Fakultas Filsafat dan Sastra Universitas Madrid, kemudian memperoleh gelar doktor dalam bidang hubungan diplomatik Andalusia dan Eropa Barat dari Universitas Cambridge, Inggris, tahun 1966. Lalu, memperoleh gelar profesor dari Universitas Baghdad pada tahun 1979. Mengajar sejarah Islam di beberapa universitas di Timur Tengah, seperti Universitas Baghdad (Irak), Universitas al-Malik Sa’ud (Arab Saudi), Universitas Emirat (UEA), Universitas Kuwait, Universitas Shana’a (Yaman), dan Universitas Bahrain. 

Beberapa karyanya antara lain: al-Hadhȃrah al-Islȃmiyyah fi al-Andalus (1969), Andalusiyyȃt (1969), Tȃrȋkh al-Mȗsiqi al-Andalusiyah (1969), Ma’a al-Andalus Liqȃ’ wa Du’ȃ (1980), Adhwa’ ‘ala al-Hadhȃrah wa at-Turȃts (1987), Ibnu Zaidun as-Safȋr al-Wasȋth (1987), Tȃrȋkhunȃ Man Yaktubuh? (1997), Nazharȃt fi Dirȃsah at-Tȃrȋkh al-Islȃmi (1999), as-Sȋrah an-Nabawiyah Manhajiyah Dirȃsatuha wa Isti’rȃdh Ahdȃtsiha (1999), al-‘Alȃqȃt ad-Diblumasiyah baina al-Andalus wa Bizanthah (2003), dan Hijrah ‘Ulamȃ’ al-Andalus Lada Suqȗth Gharnathah (2003).

49 item

Referensi Spesifik

No customer reviews for the moment.