Thariq bin Ziyad Menaklukkan Andalusia



Rp63.000,00
Rp50.400,00 Hemat 20%
Termasuk pajak Buku PreOrder dikirim tanggal 30 November 2022

DATA BUKU

Judul : Thariq bin Ziyad Menaklukkan Andalusia 

Penulis : Dr. Mahmud Syalabi

Genre : Biografi/Sejarah

Penerbit : Alvabet

Cetakan : I, November 2022

Ukuran : 13 x 20 cm

Tebal : 216 halaman (1.2 cm)

Berat : 360 gr

ISBN : 978-623-220-141-5

Harga : Rp. 63.000

SINOPSIS

Andalusia, 711 M. Kerajaan Goth, yang begitu kuat berkuasa di Semenanjung Iberia (Andalusia) sejak abad ke-5, setelah mengalahkan Romawi dan tak terkalahkan oleh bangsa mana pun, tak mengira itu adalah tahun terburuk dan terakhir baginya. Dari selatan, dari selat yang memisahkan daratan Afrika dan Eropa, pasukan Arab-Muslim dengan penuh gelora meruntuhkan kekuasaan Goth di bawah pemimpin tangguh dari suku Barber: Thariq bin Ziyad. Lalu, perubahan sosial politik pun bergulir dramatis dan menentukan bagi sejarah Andalusia, dan Eropa, hingga berabad-abad kemudian.

Panglima perang kepercayaan Musa bin Nushair, Gubernur Afrika Utara, tersebut lalu menjadi begitu masyhur dan tercatat dalam sejarah Islam—dan dunia—sebagai salah satu tokoh besar karena telah mengguncangkan Eropa. Maklum, ia menaklukkan Andalusia dalam tempo satu tahun. Hal yang mustahil kala itu, mengingat Kerajaan Goth sudah sangat kuat berkuasa di sana. 

Ditulis secara menawan oleh penulis sekaligus sastrawan yang produktif, buku ini mengungkap sosok Thariq bin Ziyad dan sepak terjangnya lebih dari yang kita kenal. Tak hanya ihwal kepiawaiannya di medan perang yang membuat ia disejajarkan dengan Sang “Saifullah” (Pedang Allah) Khalid bin al-Walid, buku ini juga mengulas kepribadiannya yang humble dan saleh sehingga dicintai oleh para prajuritnya, bahkan membuat iri Musa bin Nushair, pemimpinnya sendiri.

PENULIS

Dr. Mahmud Syalabi. Lahir di Danna, Baysan, Palestina, pada tahun 1943. Belajar sastra Arab di Universitas Arab-Beirut, dan lulus pada tahun 1972. Memperoleh gelar master dari Universitas al-Azhar, Mesir, pada tahun 1978. Kemudian, menyelesaikan studi doktoralnya di universitas yang sama, dengan spesialisasi sastra Arab pada tahun 1981. Selain menulis banyak puisi, dia juga menulis buku-buku keislaman dan biografi tokoh Muslim. Beberapa karyanya antara lain: Hayâh Fathimah, Hayâh Shalahuddin al-Ayyubi, Hayâh Syajarah ad-Durr, Hayâh Sulaiman, Hayâh Sa’ad ibn Mu’adz, Hayâh Rasûlillâh, Hayâh Dawud, Hayâh Bilal, Hayâh Ayyub, Hayâh Ahl al-Jannah, Hayâh Isma’il, Hayâh Adam, dan lain-lain. 

48 item

Referensi Spesifik

No customer reviews for the moment.