Sekolah Untuk Kaum Miskin



Rp69.900,00
Rp55.920,00 Hemat 20%
Termasuk pajak

Judul     : Sekolah untuk Kaum Miskin

Penulis : James Tooley

Penerj : Adi Toha

Cetakan : I, Februari 2013

Ukuran : 13 x 20 cm

Tebal         : 488 halaman

Ketika meneliti sekolah-sekolah swasta di India, Profesor Tooley berkeliling ke daerah kumuh di Kota Tua Hyderabad. Terkejut menemukan daerah itu dipenuhi sekolah-sekolah kecil, sekolah yang didanai secara mandiri oleh orangtua siswa, ia berusaha mencari tahu apakah sekolah-sekolah itu mampu menyediakan pendidikan yang berkualitas. Dari situlah dimulai petualangan menakjubkan yang terceritakan secara liris dalam buku ini.

Buku ini mengisahkan perjalanan sang Profesor dari kota kumuh terbesar di Afrika hingga daerah pedalaman Gansu di China; dari begitu banyak anak-anak, orangtua, guru, dan wirausahawan yang mengajarkan bahwa kaum miskin tidak harus menunggu sedekah pendidikan dari negara. Gaya bertutur penulis yang sangat menarik mengubah model laporan riset yang kering menjadi cerita mengalir ihwal bagaimana orangtua miskin berjuang melawan rintangan besar untuk memberikan pendidikan bermutu bagi anak-anak mereka. Buku ini menawarkan pelajaran sederhana: semangat kewirausahaan dan kasih sayang orangtua bagi anak-anaknya.

-

-

Tentang Penulis

James Tooley adalah profesor bidang kebijakan pendidikan di Newcastle University, Inggris. Profesor Tooley meraih gelar PhD dari Institute of Education, University of London, sedangkan gelar MSc ia sandang dari University of Sussex setelah sebelumnya ia memperoleh gelar BSc bidang Matematika juga dari University of Sussex.

Pria kelahiran Inggris pada Juli 1959 ini memulai kariernya sebagai guru Matematika di Zimbabwe (1993-1996). Pada 1998, ia pindah ke National Foundation for Educational Research di Inggris. Setelah menyelesaikan pendidikan doktoralnya, ia sempat bekerja sebentar di Simon Fraser University, Kanada, dan University of the Western Cape, Afrika Selatan. Studi post-doktoral pertamanya ia jalani di Departemen Kajian Pendidikan, University of Oxford, di bawah bimbingan Profesor Richard Pring. Dari Oxford, ia kemudian hijrah ke University of Manchester pada 1995. Dan, sejak Juli 1998 hingga sekarang, ia mengabdi di Newcastle University.

Selama 2007-2009, ia menjabat Presiden The Education Fund, Orient Global. Belakangan ini, ia menjadi ketua perusahaan pendidikan di Ghana (Omega Schools Franchise Ltd) dan India (Empathy Learning Systems Pvt Ltd), lembaga-lembaga yang menciptakan sekolah swasta berbiaya rendah.

Sejumlah buku telah ia tulis, sedangkan karya-karyanya berupa artikel terpublikasikan di berbagai media massa ternama seperti Newsweek, Atlantic, Wall Street Journal, dan Financial Times. Berkat penelitiannya tentang sekolah swasta untuk kaum miskin di India, China, dan Afrika, ia dianugerahi medali emas oleh International Finance Corporation/Financial Times Private Sector Development Competition pada September 2006.

Profesor Tooley kini membagi waktunya untuk dua tempat: Hyderabad, India, dan Beijing, China, tempat dia bekerja bersama para wirausahawan dan guru yang menginspirasi buku ini.

20 item

Referensi Spesifik

No customer reviews for the moment.