Pulau Run



Rp89.000,00
Rp71.200,00 Hemat 20%
Termasuk pajak

DATA BUKU

 

Judul             : Pulau Run - Magnet Rempah-rempah Nusantara yang Ditukar dengan Manhattan

 

Penulis         : Giles Milton

Penerjemah  : Ida Rosdalina

Genre           : Sejarah

Penerbit        : Alvabet

Cetakan        : I, Juli 2015

Ukuran         : 13 cm x 20 cm

Tebal            : 512 halaman

ISBN           : 978-602-9193-73-2

SINOPSIS

Pulau Run adalah sebuah pulau kecil yang terpencil, sepi, dan terabaikan di tengah ribuan pulau-pulau Indonesia lainnya. Namun, siapa sangka bahwa ternyata pulau ini pernah ditukar dengan Manhattan, sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan ujung Sungai Hudson, satu dari lima kota bagian yang membentuk Kota New York.

Pada awal abad ke-17 M, panen rempah-rempah mengubah Pulau Run menjadi pulau yang paling berharga dari kepulauan rempah-rempah lainnya di Nusantara. Hal ini mendorong perebutan sengit dan berdarah-darah antara Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) dan sekelompok tentara Inggris yang dipimpin oleh seorang kapten pemberani, Nathaniel Courthope. Hasil dari perebutan tersebut adalah satu penawaran paling spektakuler dalam sejarah: Inggris menyerahkan Pulau Run ke Belanda, dan sebagai imbalannya Inggris diberi sebuah pulau lain, yakni Manhattan.

Buku ini mengisahkan petualangan brilian, perang dan kebiadaban, navigasi yang belum terpetakan, dan sebuah eksploitasi dunia baru yang menggiurkan. Pulau Run adalah cerita menakjubkan ihwal magnet rempah-rempah Nusantara dalam sejarah kekuasaan kolonial.

 

PENULIS

Giles Milton (lahir pada 15 Januari 1966) adalah seorang penulis yang mengkhususkan diri dalam bidang sejarah. Buku-bukunya terbilang bestseller dunia dan telah diterbitkan ke dalam dua puluh bahasa lebih. Ia telah menulis delapan karya nonfiksi, dua novel komik, dan dua buku untuk anak-anak. Milton dikenal luas berkat buku ini, Nathaniel’s Nutmeg—dalam edisi bahasa Indonesia berjudul Pulau Run—yang ber-kisah tentang sejarah perjuangan Inggris dan Belanda dalam usaha menguasai pasokan rempah-rempah dari Nusantara pada awal abad ke-17. Karya lainnya, yaitu Big Chief Elizabeth, Samurai William, dan White Gold, mengangkat subjek petualang Inggris dalam melakukan pelayaran perintis di Asia, Afrika Utara, dan dunia baru. Sementara The Riddle and Knight bercerita perihal sejarah kritis penjelajah Sir John Mandeville. Ada juga Paradise Lost, Smyrna 1922: The Destruction of Islam’s City of Tolerance, yang menyelidiki pengusiran berdarah di Smyrna pada September 1922 dan pengusiran 1.300 ribu Yunani Ortodoks dari Turki serta 350 ribu Muslim dari Yunani. Russian Roulette: How British Spies Thwarted Lenin’s Global Plot adalah karya terakhirnya.

40 item

Referensi Spesifik

No customer reviews for the moment.