Berpikir Kritis



Rp67.000,00
Rp53.600,00 Hemat 20%
Termasuk pajak

DATA BUKU

Judul kita : Berpikir Kritis: Kaidah Penerang untuk Hidup Benar dan Selamat Menghadapi Banjir Informasi dan Hoaks

Penulis : Dr. Saifur Rohman, M.Hum.

Penerbit : Alvabet

Cetakan : I, Desember 2021

Ukuran : 13 x 20 cm

Tebal : 288 halaman (1,7 cm)

Berat : 390 gram

ISBN : 978-623-220-123-1

Harga : Rp. 67.000

SINOPSIS

Kita hidup di era ketika kebenaran dan ketidakbenaran tumpang-tindih dan sulit dibedakan. Banjir informasi yang sangat cepat dan tiada henti di ponsel atau di sekitar kita membuat kita merasa tak punya cukup waktu untuk merenung dan memikirkan dengan jernih apakah itu benar atau bohong (hoaks). Ini diperparah dengan ketidaksiapan pikiran kita untuk mencerna dengan baik semua itu, sehingga begitu mudah menerima apa pun yang masuk tanpa seleksi. Kita belum terbiasa mengarahkan dan melatih otak kita untuk berpikir kritis.

Buku ini hadir tak hanya menjelaskan maksud dari berpikir kritis, tetapi juga bagaimana langkah-langkah praktis untuk berpikir kritis. Hal itu tak hanya membantu kita menemukan hal yang benar dari yang salah, tetapi juga “mencurigai” semua hal yang telah kita anggap benar, entah itu pengetahuan atau fakta di sekitar kita. Jadi, kita tak begitu saja menerima apa pun sebelum mencermatinya dengan baik. Apa yang selama ini kita anggap benar bisa jadi sebaliknya, mengingat keterbatasan indra dan pengetahuan kita. 

Pemaparan di buku sangat detail, mendasar, filosofis, dan runut, tetapi disajikan dengan bahasa populer dan mudah dipahami karena disertai dengan contoh-contoh kasus, sehingga kita bisa mengikutinya tanpa mengernyitkan dahi. Berpikir kritis, seperti ditegaskan di buku ini, akan membawa kita pada hidup yang benar dan selamat.     

    

***

“Dalam buku Berpikir Kritis, Saifur Rohman berhasil membawa filsafat ke ruang tengah untuk mencerdaskan publik. Kita tidak merasa digurui dengan bahasa yang hangat, lincah, dan indah.”

—Prof. Dr. Jenderal (purn) AM Hendropriyono, Guru Besar Filsafat Intelijen di Sekolah Tinggi Hukum Militer

“Setiap orang tidak ingin tersedak dan 'kelelep' ketika banjir informasi menerpa. Salah satu 'solusi'-nya kita perlu punya pipa udara ketika badai informasi datang. Dan saya menemukan buku ini adalah pipa tersebut.”

—Hendrik Lim, M.B.A., penulis buku bestseller Selling is Everybody Business dan CEO Defora & Co

PENULIS

SAIFUR ROHMAN. Pengajar filsafat pada Program Doktor Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta; Program Doktor Universitas Tanjungpura, Pontianak; Program Pascasarjana Fakultas Psikologi Unika Semarang; dan sejumlah program pascasarjana di Indonesia. Pendidikan yang ditempuh: S1 Ilmu Sastra Undip, S2 Ilmu Budaya UI, S2 Ilmu Psikologi Unika, S3 Ilmu Filsafat UGM, fellowship non-gelar bidang sastra dan filsafat di Timur Tengah (2003), Kuala Lumpur (2006), Singapura (2007), dan Beijing (2008). Di antara karyanya yang telah diterbitkan antara lain: Pembelajaran Cerpen (Bumi Aksara, 2020), Kritik Sastra: Sebuah Pengantar Populer (2017), Filsafat Pendidikan (Pustaka Pelajar, 2016), Teori dan Pengajaran Sastra (Rajagrafindo, 2015), Filsafat dari Titik Nol (Idea Press, 2015), Kritik Sastra Abad XXI (Ombak, 2014), Kelana (Grasindo, 2014), Follow Your Passion (Grasindo 2014), Dekonstruksi: Desain Penafsiran dan Analisis (2014), Hermeneutik: Desain dan Analisis Penelitian (2013), Metodologi Pengajaran Sastra (2012), Pengantar Studi Poskolonial Indonesia (Jalasutra), novel Tragedi Taruhan (Pena, 2001), novel Kawin Kontrak (Grasindo, 2006), Bibirmu Abadi (Pusat Bahasa, 2006), dan Matinya Ilmu (Rumah Kata).

50 item

Referensi Spesifik

No customer reviews for the moment.