Mitos-Mitos Legendaris dalam Khazanah Klasik Muslim



Rp60.000,00
Rp48.000,00 Hemat 20%
Termasuk pajak

DATA BUKU

Judul kita : Mitos-Mitos Legendaris dalam Khazanah Klasik Muslim: Menyingkap Tabir Cerita-Cerita Kuno yang Disakralkan

Penulis : Walid Fikri

Genre : Sejarah

Penerbit : Alvabet

Cetakan : I, Januari 2022

Ukuran : 13 x 20 cm

Tebal : 240 halaman (1.3 cm)

Berat : 390 gram

ISBN : 978-623-220-125-5

Harga : Rp. 60.000

SINOPSIS

Banyak sekali kisah-kisah populer dan memukau dalam khazanah klasik muslim, seperti kitab-kitab tafsir dan hadis, yang kadung dipercayai sebagai benar tanpa koreksi dan kritik. Misalnya, kisah tentang penciptaan alam, makhluk pertama di bumi, Nabi Idris, Harut dan Marut, Menara Babel dan Raja Namrudz, Nabi Khidir, tongkat ajaib Nabi Musa, raksasa ‘Auj bin ‘Anaq, Baluqiya, perjalanan panjang dan ajaib Zulkarnain, setan-setan di sekeliling Nabi Sulaiman, dan lain-lain.    

Buku ini berupaya menjelaskan hakikat di balik kisah-kisah di atas, apakah benar seperti yang kita ketahui sekarang, atau sebaliknya. Juga menjelaskan bagaimana cerita itu muncul dan menyebar, dari mana asal-usulnya, di mana ditemukan, siapa yang menciptakannya, apa motifnya, dan kenapa begitu populer dan dipercayai begitu saja oleh masyarakat muslim dari generasi ke generasi, dan terus-menerus disampaikan dalam ceramah-ceramah keagamaan atau majelis-majelis taklim. 

Tanpa menghakimi dan merasa paling benar, penulis buku ini yang merupakan penulis buku-buku sejarah klasik Islam, mengajak kita untuk membuka pikiran dan mendorong sikap kritis kita terhadap warisan klasik yang kita baca hari ini. Dengan begitu, kita tidak akan terjebak dalam alam pikiran kuno yang sarat mitos, untuk beralih ke alam pikiran yang lebih rasional dan membuat kita bangkit dan maju.        

***

“Yang lebih penting daripada sejarah adalah bagaimana menceritakannya secara objektif dan tidak membosankan. Walid Fikri berhasil dalam hal ini.”

—Goodreads

PENULIS

Walid Fikri. Lahir di Alexandria, Mesir, tahun 1980. Kuliah di Collège Saint Marc, Alexandria, dan meneruskan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Alexandria. Dia adalah peneliti dan penulis buku-buku sejarah. Aktif menulis artikel dan makalah ilmiah bertema sejarah sejak 2009 dan menjadi kolumnis di sejumlah media cetak di Mesir. Di antara buku-bukunya yang lain: Târîkh Syakl Tâni (2010), Târîkh fi azh-Zhill (2012), Mishr al-Majhûlah (2015), Dam al-Mamâlik (2016), dan Dam al-Khulafâ’ (2017).     

49 item

Referensi Spesifik

No customer reviews for the moment.