Mitologi Arab



Rp115.000,00
Rp80.500,00 Hemat 30%
Termasuk pajak

DATA BUKU

Judul           : Mitologi Arab: Menelusuri Jejak Kepercayaan Kuno Bangsa Arab sebelum Islam

Penulis        : Dr. Mahmud Salim al-Hut

Genre          : Literatur Klasik

Penerbit      : Alvabet

Cetakan       : I, April 2024

Ukuran        : 15 x 23 cm

Tebal           : 368 halaman (2 cm)

Berat           : 390 gr

ISBN           : 978-623-220-175-0

Harga          : Rp. 115.000

SINOPSIS

Ada persepsi di kalangan sebagian sejarawan dan peneliti dunia Timur Tengah kuno bahwa bangsa Arab tidak punya mitologi khas, yakni kepercayaan akan dewa-dewa dan turunannya, seperti halnya mitologi pada bangsa Yunani dan Romawi. Sejumlah mitologi yang ada di dunia Arab dianggap mengambil dari mitologi-mitologi bangsa-bangsa di luar Arab seperti Yunani, Romawi, dan Mesir Kuno.

Melalui eksplorasi yang luas dan mendalam dari sumber-sumber kuno, buku ini membantah sekaligus meluruskan persepsi tersebut. Seperti halnya bangsa-bangsa kuno lainnya, bangsa Arab juga punya mitologi khas, mulai dari mitologi tentang dewa-dewa atau tuhan-tuhan di langit, seperti matahari, bulan, bintang, dan planet, hingga dewa-dewa atau tuhan-tuhan di bumi yang melekat pada batu, pohon, hewan, dan lain-lain. Termasuk mitologi tentang makhluk-makhluk tak kasat mata atau gaib seperti malaikat, jin, setan, dan iblis.

Al-Quran mengistilahkannya sebagai “asathir al-awwalin” atau dongeng-dongeng kuno. Puisi-puisi jahiliah juga banyak menyebutkannya. Buku ini memberi kita gambaran yang jelas tentang macam-macam mitologi bangsa Arab, asal usulnya, dan bagaimana mitologi telah membentuk peradaban Arab serta cara pandang masyarakatnya terhadap kehidupan. 

 

PENULIS

Dr. Mahmud Salim Al-Hut. Lahir di Yafa (Jaffa), tahun 1916. Menempuh pendidikan di Universitas Amerika di Beirut, program studi ekonomi. Namun, karena merasa program tersebut tidak sesuai dengan minatnya, dia beralih ke program studi Arab dan Timur Tengah. Pada 1937, dia lulus dengan gelar sarjana (B.A.) dalam sastra Arab. Pada 1940, dia meraih gelar Master of Arts (M.A.) di universitas yang sama. Di universitas yang sama, dia juga diangkat menjadi pengajar sastra Arab, dan mendirikan Departemen Studi Arab-Timur Tengah yang prestisius di sana. Meninggal dunia di Beirut tahun 1989.

100 item

Referensi Spesifik

No customer reviews for the moment.