Yahudi Khazar



Rp115.000,00
Rp92.000,00 Hemat 20%
Termasuk pajak

DATA BUKU

Judul           : Yahudi Khazar: Melacak Sejarah Bangsa Khazar Benarkah Mereka Leluhur Yahudi-Israel Hari Ini?

Penulis        : D.M. Dunlop

Penerjemah : Adi Toha

Genre          : Sejarah

Penerbit      : Alvabet

Cetakan       : I, Januari 2024

Ukuran        : 15 x 23 cm

Tebal           : 360 halaman (1.9 cm)

Berat           : 370 gr

ISBN           : 978-623-220-170-5

Harga          : Rp. 115.000

SINOPSIS

Sejarah asal-usul orang Yahudi hari ini masih menjadi bahan perdebatan. Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, dalam sebuah pidatonya (9/7/2021) secara mengejutkan mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang Yahudi Khazar yang bergabung dengan Yudaisme pada abad ke-6. Jauh sebelum itu, Arthur Koestler menulis sebuah buku kontroversial yang menggemparkan berjudul The Thirteenth Tribe: The Khazar Empire and its Heritage (1976). Buku ini menggambarkan bahwa Yahudi Ashkenazi—diaspora Yahudi di Eropa—bukanlah keturunan bangsa Israel kuno yang bersejarah, tetapi dari Khazar. Kematian jurnalis dan penulis Hungaria-Inggris ini bersama istrinya masih menjadi misteri, apakah karena bunuh diri atau dibunuh oleh orang yang tak setuju dengan bukunya.

 

Benarkah Yahudi hari ini berasal dari Khazar, sebuah bangsa di wilayah Kaukasus yang pernah mendirikan sebuah Imperium Khazar pada masa lalu? Dengan kata lain, mereka sejatinya adalah orang Khazar, bukan orang Ibrani Timur Tengah? Melalui penelusuran yang cermat, teliti, tekun, dan kritis membaca sumber-sumber sejarah klasik dari Islam, Ibrani, Persia, dan China, buku ini membuka banyak tabir misteri bangsa Khazar yang informasinya minim. Mulai dari asal-usul Khazar, berdirinya imperium Khazar, peperangan dengan Imperium Byzantium, Muslim (mulai zaman Khalifah Umar hingga Dinasti Umayyah), dan Mongol, kemunculan Yahudi hingga menjadi agama resmi kerajaan dan masyarakatnya, hingga era kemunduran dan kehancuran yang membuat mereka bermigrasi ke Eropa Timur dan Barat.

 

***

Dunlop menyajikan karya yang terdokumentasi dengan baik yang mempertimbangkan semua dokumentasi dari sumber Kristen, Yahudi, dan Islam. Dunlop juga menggunakan para penasihat akademis untuk memastikan mana informasi yang lebih merupakan fakta dan mana yang dibuat-buat untuk tujuan politik.

Amazon

 

PENULIS

Douglas Morton Dunlop. Lahir di Inggris tahun 1909 dan meninggal tahun 1987. Ia belajar di Bonn dan Oxford di bawah bimbingan sejarawan Paul Ernst Kahle (1875–1965). Karyanya juga dipengaruhi oleh para sarjana seperti Zeki Validi Togan, Mikhail Artamonov, dan George Vernadsky. Pamannya adalah B. K. Cunningham, seorang pendeta Anglikan dan akademisi. Pada 1950-an dan 1960-an, ia menjadi Profesor Sejarah di Universitas Columbia di New York. Tulisan-tulisan ilmiahnya tersebar di banyak jurnal internasional. Selain buku ini, karyanya yang lain adalah Arab Civilization to A.D. 1500 (1971) dan “The Khazars” The Dark Ages: Jews in Christian Europe, 711–1096 (1966).

50 item
2024-01-21

Referensi Spesifik

No customer reviews for the moment.