Alexandria



Rp89.000,00
Rp71.200,00 Hemat 20%
Termasuk pajak

DATA BUKU

Judul : Alexandria: Jejak Sejarah dan Peradaban Kota Keajaiban Dunia Kuno

Penulis : Edward Morgan Forster

Genre : Sejarah 

Penerbit : Alvabet

Cetakan : I, Agustus 2022

Ukuran : 13 x 20 cm

Tebal : 360 halaman (2 cm)

Berat : 390 gr

ISBN : 978-623-220-136-1

Harga : Rp. 89.000

SINOPSIS

Pada musim gugur 1915, Forster tiba di Alexandria sebagai sukarelawan Palang Merah selama Perang Dunia I. Tercengang dengan kemegahan kota yang baru didatanginya, ia menghabiskan waktu luangnya untuk menjelajahi “keajaiban, kekunoan, dan kompleksitas” kota tersebut. Ia pun terpacu untuk "menghidupkan" kembali Alexandria, kota romantis Alexander Agung, ibu kota Yunani-Romawi Mesir, suar cahaya dan budaya yang dilambangkan oleh Pharos di mana hubungan cinta terkutuk antara Antony dan Cleopatra dimainkan, dan tempat dibangunnya perpustakaan terbesar di dunia yang pernah dikenal. 

Forster membagi bukunya dalam dua bagian tematis. Pertama perihal sejarah kota yang disusun secara kronologis, mulai era Yunani-Romawi, berlanjut ke periode Kristen, melompat seribu tahun ke masa penaklukan kota oleh orang Arab, berlanjut ke narasi penaklukan Alexandria oleh Turki, dan diakhiri dengan aneksasi kolonial Inggris atas Mesir. Bagian kedua berisi panduan tamasya di kota yang megah tersebut, menjelajahi jalan-jalan yang menghubungkan bangunan-bangunan dan museum-museum, serta mengelilingi dalam dan luar kota nan indah. 

Merangkai 3.000 tahun sejarah kota peradaban dan ilmu pengetahuan ini, serta dibumbui dengan pengalaman penulis menelusuri kota ini, Forster melukiskan Alexandria dengan sangat rinci, mengabadikan potret kota megah yang menjadi keajaiban dunia pada zaman kuno.

***

“Jika seseorang berziarah mengelilingi Alexandria pada pagi hari, Tuhan akan membuatkannya mahkota emas, bertatahkan mutiara, dengan wangi minyak kesturi dan kapur barus, yang bersinar dari Timur ke Barat.” ―Ibnu Dukmak

“Ditulis dengan luar biasa, diteliti dengan cermat, ini adalah buku yang luar biasa bagi siapa pun yang tertarik dengan Alexandria.” ―Amazon

“Alexandria benar-benar keajaiban dunia, dengan tradisi Mesir, Yunani, Yahudi, dan Romawi. Buku ini menghidupkan pesona dan kemegahan kota kuno tersebut pada masa kini.” ―Goodreads

Penulis

Edward Morgan Forster (1 Januari 1879 – 7 Juni 1970) adalah seorang penulis dan pustakawan Inggris. Ia memperoleh gelar sarjana dari King's College dalam bidang sejarah. 

Pada 1904, Forster melakukan perjalanan ke Yunani dan Italia karena tertarik dengan warisan klasik mereka. Dan pada 1914, untuk memenuhi pangilan hati nuraninya, ia bergabung dengan Palang Merah Inggris dan ditempatkan di Alexandria, Mesir. Serta pada 1920, ia ditugaskan ke India, sebelum kembali ke London, Inggris.

Di tengah aktivitasnya pekerja sosial, Forster sangat produktif menulis, banyak karya fiksi dan non-fiksi sudah dia ciptakan. Karya-karyanya antara lain: A Room with a View (1908), Howards End (1910), Alexandria: A History and Guide (1922), Pharos and Pharillon (1923), A Passage to India (1924), Goldsworthy Lowes Dickinson (1934), Marianne Thornton, A Domestic Biography (1956), The Hill of Devi (1953) dan lainnya.

50 item

Referensi Spesifik

No customer reviews for the moment.